Pengalaman jadi mahasiswa semester akhir..

====Jika ada kata yang dapat menggambarkan tentang semester akhir.. mungkin itu adalah Skripsi dan dunianya..==

Skripsi itu sih menurut saya simpel aja, tulis, konsultasi, coret, revisi, tulis,konsultasi, coret, revisi dan seterusnya..

jika beruntung dapat maju seminar proposal

Truuuuussss…..coret, revisi, tulis, konsultasi, konsultasi, konsultasi *{ceritanya ada 3 dosen perlu konsultasi revisi}, tulis, konsultasi, revisi dan seterusnya….

jika beruntung dapat maju seminar hasil dan sidang hasil…

kemudian jika beruntung dan tepat waktu bisa lulus dengan gemilang sesuai harapan..yeeayy!!

Simpel,simpel dan simpel…

Kalosaya bilang sih, 3 bulan juga kelar skripsinya, dan 1 bulan untuk hal yang tidak terduga.. 4 bulan cukup lah.. untuk merampungkan semuanya..

…………………………………

Trus lu ga percaya, kemudian bilang..” Kemarin Gua Liat Banyak Kaka Tingkat ItuLulus X Tahun, Dimana X > 5 Tahun- hingga DO(drop out)” …

katanya skripsi simpel dan cukup waktu 4 bulan bisa selesai…. Lalu APA MASALAHNYA,???..

…………………………………

Sayaingin sedikit bercerita dalam catatan ini, karena saya dalam prosesmenjalaninya.. jujur hingga saat ini, hari ini saya dalam status gantung lulus atau tidak padahal tinggal sidang hasil dan ikut yudisium, dan jujur saya mahasiswa yang menjalani semester 12.. yaa hampir 6 tahun kuliah.. memalukan bukan..??..hehe.. saya sih bukan malu tapi saya sedih, belum bisa mempersembahkan yang terbaik dengan orang terdekat terutama orang tua.. hiks hiks

Lanjut..jadi apa permasalahan saya ?..

disini saya tidak menyampaikan hal yang menjadi alasan pribadi, yang saya sampaikan adalah riset yang saya dapatkan.

……………………………………

1.    SKRIPSI ITU SIMPEL, TAPI APA DIBALIKPENGERJAAN SKRIPSI ITU ?

·         #Malas nyari bahan penelitian

Bahan penelitian itu sih banyak bangeets.. bukan banyak ajja…

Tapi yang bikin lama adalah males nyarinya.. sekarang kita kurang bahan apa..

yang perlu bahan berupa literatur sekarang bertaburan buku ilmiah online gratis, dalam dan luar negeri searching aja.. bookfi.org dan situs lainnya cari aja!!..

yang perlu bahan berupa data lapangan, ini tantangan tersendiri selain malas + malu bertanya..

yang perlu bahan berupa benda,benda hidup ataupun mati.. tantangannya selain malas + perlu uang beli..

…solusinya adalah berusaha untuk melawan rasa malasnya aja, jika ada keinginan pasti ada jalan walaupun misalnya butuh uang banyak pasti ada jalannya… tinggal MALASnya.. hehe..

·         #Nunggu mood baik baru mengerjakan

Memang ada benarnya kalau lagi gak mood gak bisa memaksa untuk mengerjakan..

Cuman Di sini saya mau ingatkan… yang namanya mengerjakan sesuatu yang berat (skripsi) itu mana bisa bikin hati senang, apalagi pada saat baru memulai. Yaa mood atau tidak mood.. hadapi sesulit apapun itu.. karena ini adalah jalan kelulusan kita.. kalo gak dikerjakan yaa ga lulus.. kadang saya memilih untuk mencari hiburan dulu, misal dengar musik, nonton anime, ngobrol dll.. malah bikin lost orientasi..kebablasan malah pada saat moodnya lagi baik, bukan untuk mengerjakan skripsi..itu..

…saya kasih solusi, back to Allah..rajin-rajin ibadah, yg wajib ga ketinggal, yg sunnah sambil  dkerjakan,.. jika bisa.. shalat malam,  dhuha, puasa, almatsurat dan lain-lain.. karena dekat dengan Allah yang maha membolak-balikan hati..dan maha memberi ilham… bukannya riya atau apa yaa..tapi ini hal yang pas menurut saya.. karena sangat beda proses mengerjakan skripsi pada saat grafik ibadah naik dengan sebaliknya…

·         #Terkendala dengan dosen pembimbing dan penguji

Tidak ada dosen yang tampil sempurna dengan mudahnya membuat skripsi kita berjalan sesuai kehendak kita…karena berbenturan dengan kesibukan beliau, watak beliau ada yang killer  ada yang cuek ada yang idealis dll..pintar2lah mengatur hubungan dengan beliau2 ini.. alami saja sendiri .. menurut saya 50% berhasil atau tidak skripsi anda ditangan beliau..

…saya kasih solusi, bersikaplah sebaik yang kita bisa tapi bukan sekedar cari perhatian atau keuntungan saja..bersikaplah tulus dan terbuka dengan mereka.. pasti urusannya lancar..

2.   KENDALA ADMINISTRATIF

Jika skripsi sdh berjalan dengan baik, kadang hal yang bersifat administratif juga menjadi halangan lulus tepat waktu.. karena sudah menjadi kebijakan ada syarat-syarat yang harus terpenuhi sebelum lulus.. misal :

·        Syarat lulus P2B

·        Syarat lulus TOEFL

·        Syarat lulus Office

·        Syarat lulus Mata kuliah wajib

·        Dan lain-lain

Maka dari itu, persiapkanlah dari sekarang untuk memenuhi persyaratan tersebut karena bisa jadi persyaratantersebut menjadi dinding yang menghalangi jalan anda untuk lulus.

3.   SIBUK DILUAR KULIAH

Urusan kampus sudah kelar, tapi ada lagi yang kadang bisa jadi masalah diluar masalah kampus  yang dapat memperlambat kelulusan.

·        Sibuk kerja

Bagi mereka yang pintar ngatur waktu sih lancar-lancar aja.. tapi bagi saya..

karena habis kerja kadang lelah,banyak persiapan dan beban tanggung jawab pekerjaan..

·        Organisasi

Bagi mereka yang pintar ngaturwaktu sih lancar-lancar aja.. tapi bagi saya itu sulit..

Karena beban amanah, beban jabatan struktural, aktivitas padat dan kendala lain yang akan anda dapatkan jika bergabung dengan organisasi.

Solusinya.. sudah saya sampaikan di atas.. semuanya akan lancar2 aja bagi mereka yang pandai mengatur waktu,banyak kok teman saya yang aktivitasnya berjubel tapi bisa lulus tepat  waktu bahkan dengan  nilai coumloud.. jangan heran!!.. karena mereka sudah terdidik menjadi pribadi yang luar biasa… dan saya menyarankan tetap berorganisasi dan tetaplah bekerja jika ada.. tinggal atur waktu dengan baik dan jadilah pribadi yang luarbiasa…!!

…………………………………………………

So, kendalanya sudah tau.. solusi yang saya sarankan mungkin bisa dicoba mudahan bermanfaat..

Kesimpulannya..skripsi itu simpel, karena Cuma tulis, konsultasi, coret, revisi dan ujug-ujug sidang dan yudisium.. jalani aja.. selanjutnya lakukan dengan serius.. lampaui sesuatu yang menjadi penghalang.. dan kembali mendekatlah dengan Allah.. yakin Allah akan kasih jalan…

…From Muhammad Arian Alparisi

Leave a Reply

